BENTUK-BENTUK TATA RUANG KANTOR

Tata ruang kantor atau dalam bahasa Inggris disebut dengan istilah office layout adalah pengaturan perabotan, mesin, dan sebagainya di dalam ruangan yang tersedia di kantor untuk memberikan kepuasan bekerja bagi para karyawan. Hal ini sangat penting untuk dipahami dan diterapkan agar nantinya kenyamaan bekerja dan proses pekerjaan menjadi lancar, sebagaimana yang diharapakan.

Pada zaman modern ini tata ruang kantor sudah sangat bervariasi. Paling tidak ada 5 tata ruang kantor yang dikenal saat ini, yakni:
1. Tata Ruang Kantor Tertutup
2. Tata Ruang Kantor Semi tertutup/Bersekat
3. Tata Ruang Kantor Terbuka
4. Tata Ruang Kantor Berpanorama
5. Tata Ruang Kantor Gabungan 

Selanjutnya, kita juga perlu membahasnya lebih detail, lengkap dengan keuntungan dan kerugian penerapan dari masing-masing bentuk tata ruang kantor tersebut, di bawah ini

.A. Tata Ruang Tertutup
Suatu tata ruang dikatakan terpisah-pisah atau tertutup apabila susunan ruang untuk bekerja terbagi-bagi dalam beberapa bagian.
   Keuntungannya:
1. Moral pekerja atau staf tetap terjaga.
2. Pekerjaan yang sifatnya rahasia tetap terjaga.
3. Menghindari gangguan dari pekerja satu ke yang lainnya.
4. Pimpinan akan lebih tenang dalam mengerjakan tugasnya karena tidak terganggu oleh kegiatan para karyawanKelemahannya:
1. Pengawasan lebih sulit dilakukan karena terhalang oleh penyekat.
2. Cahaya sulit masuk dan udara sulit beredar sehingga suasana lebih pengap dan gerah.
3. Apabila diperlukan tukar tempat antara bagian yang satu dengan bagian yang lain sulit dilakukan dan sulit merubah ruangan.
4. Apabila terjadi penambahan pegawai atau alat-alat kantorataupun perubahan mengenai proses penyelesaian suatu pekerjaan agak sulit menampungnya.
B. Tata Ruang Kantor Semi Tertutup
Ruang kantor semi tertutup adalah ruang yang disekat hanya setinggi 1,5 meter. Biasanya disebut dengan istilah cubicle type officesKeuntungan dan kerugian tata ruang kantor semi tertutup hampir sama saja dengan keuntungan dan kerugian tata ruang kantor tertutup 
C.  Tata Ruang Terbuka
Dalam susunan ini ruang yang dipergunakan untuk ruang bekerja tidak dipisah-pisahkan atau tidak menggunakan penyekat, tetapi semua aktivitasnya dilaksanakan pada satu ruang besar terbuka sehingga semua yang bekerja tampak mudah diamati dari satu sudut pandang.

Gambar di atas juga bisa Anda golongkan ke dalam bentuk tata ruang kantor gabungan; karena di dalam gambar terdapat banyak sekali bunga hias, dan di sebelah kanan dinding terbuat dari kaca sehingga memungkin karyawan untuk melihat panorama kota.

Keuntungannya:
1. Pengawasan lebih mudah dan efektif terhadap segenap pegawai.
2  Hubungan antar pegawai cepat dan mudah.
3  Memperlancar arus pekerjaan dari meja satu ke meja yang lain tanpa orangnya harus mondar-mandir meninggalkan tempat kerja.
4. Cahaya mudah masuk dan udara mudah beredar.
5. Mudah merubah ruangan.
6. Perubahan organisasi menyebabkan perubahan tata ruang dapat dilayani dengan cepat dan luwes.
7. Apabila terjadi penambahan pegawai atau alat-alat kantoragak sulit menampungnya, karena ruangan terbatas

.D. Tata ruang kantor berpanorama/bertaman (Land Scaped Offices)

Adalah ruangan untuk bekerja yang dihiasi oleh taman, dekorsi, dan lainnya. Bentuk ruangan kanntor behias ini mengusahakan agar lingkungan ruangan perkantoran nampak seperti pemanadangan alam terbuka dan benar-benar merupakan lingkungan yang nyaman, menyenangkan, dan ekonomis dalam pemanfaatan ruangan.

E. Tata ruang kantor gabungan 
Tata ruang kantor gabungan merupakan gabungan antara tata ruang kantor tertutup, bersekat, terbuka, dan/atau tata ruang kantor berpanorama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini